Call: 0123456789 | Email: info@example.com

Menjadi Pemimpin yang Baik – 10 Tips Menjadi Pemimpin yang Dihormati


Tidak memiliki ilusi, menjadi pemimpin yang baik membutuhkan pekerjaan. Bahkan jika Anda adalah “pemimpin yang lahir” Anda harus terus bekerja dan belajar untuk tetap di puncak permainan Anda. Kiat-kiat di bawah ini tidak dimaksudkan untuk menjadi obat bagi kepemimpinan yang buruk atau keengganan untuk belajar, tetapi titik awal bagi calon pemimpin yang baik yang ingin terus meningkatkan tim mereka dan tetap berpijak pada kemenangan bersama anak muda kolaborasi medan berkah.

  1. Salah satu aturan yang dibuat Jack Welch, mantan CEO General Electric dalam bukunya “Menang” adalah “Para pemimpin tanpa henti meningkatkan tim mereka, menggunakan setiap pertemuan sebagai kesempatan untuk mengevaluasi, melatih, dan membangun kepercayaan diri” (halaman 65) . Dalam 35 tahun kepemimpinan saya di militer, industri, dan pemerintahan, saya telah menemukan kepercayaan diri, pada kedua pemimpin dan mereka yang dipimpinnya menjadi kunci utama untuk kepemimpinan yang sukses. Bangun rasa percaya diri dalam tim Anda dengan memberi mereka tantangan di mana kegagalan tidak fatal dan kesuksesan membawa pengakuan positif.
  2. Luangkan lebih sedikit waktu untuk motivasi dan lebih banyak inspirasi. Motivasi terlihat seperti cara untuk pergi ketika Anda menonton Tony Robbins, tetapi motivasi memudar begitu motivator keluar dari ruangan. Namun, inspirasi, meskipun seringkali jauh lebih dramatis daripada motivasi, menyentuh hati tim Anda dan seringkali dapat bertahan seumur hidup. Ketika saya berusia tujuh tahun, saya mendengar pidato oleh Dr. Martin Luther King Jr kepada sekelompok siswa SMP. Dalam pidatonya, dia berkata, “Jika tanah Anda menjadi penyapu jalan, sapu jalanan seperti Michelangelo melukis gambar, sapu jalanan seperti musik komposisi Beethoven, sapu jalanan seperti Leontyne Price bernyanyi sebelum Opera Metropolitan. Jalan sapu seperti Shakespeare menulis puisi. Sapu jalan dengan sangat baik sehingga semua penghuni surga dan bumi harus berhenti dan berkata:
  3. Menjadi luar biasa dan mengajarkan keunggulan. Dalam The Story of Philosophy: The Lives and Opinions of the Greatest Philosophers di Dunia, Will Durant dengan tepat mengutip Aristoteles dengan mengatakan, “Kita adalah apa yang kita lakukan berulang kali. Keunggulannya kemudian, bukan tindakan, tetapi kebiasaan.” Salah satu guru saya, T. Harv Eker, suka mengatakan dengan cara lain “bagaimana Anda melakukan sesuatu adalah bagaimana Anda melakukan segalanya,” dan dia benar. Keunggulan adalah kebiasaan.
  4. Jangan takut untuk membedakan. Ini adalah landasan kepemimpinan dari Jack Welch. Setiap orang bukan pemenang dan semua karyawan tidak boleh diperlakukan sama. Berikan 20 persen teratas dari kompensasi tim Anda yang sangat baik, perhatian Anda, bimbingan Anda dan pujian publik Anda. Perlakukan 70 persen orang tengah dengan kejujuran dan kejujuran dan biarkan mereka tahu bahwa jika mereka menginginkan waktu dan perhatian Anda, mereka perlu maju ke 20 persen teratas. Gunakan pemimpin Anda yang muncul dalam 20 persen teratas untuk membimbing mereka yang berpotensi di 70 persen tengah. 10 persen terbawah menahan tim Anda, menunjukkan kepada mereka pintu.
  5. Jika Anda tidak yakin tentang seseorang, jangan pekerjakan mereka! Di dunia yang sibuk saat ini, banyak pemimpin mencari solusi 80 persen saat merekrut karyawan. Hati-hati! Ingat Prinsip Pareto; bahwa 20 persen latar belakang atau kepribadian karyawan yang tidak cocok mungkin menghabiskan 80 persen perhatian kepemimpinan dan manajemen Anda. Luangkan waktu dan rekrut orang yang tepat. Mark Twain pernah berkata “perbedaan antara kata yang tepat dan kata yang hampir benar adalah perbedaan antara kilat dan bug kilat,” hal yang sama berlaku untuk orang-orang!
  6. Kenalilah dirimu! Dalam bukunya The 5 Levels of Leadership, John C. Maxwell merinci keterampilan dan kesadaran diri yang dibutuhkan seorang pemimpin untuk maju dari kepemimpinan posisional (lakukan itu karena saya bos dan saya bilang begitu) ke puncak kepemimpinan tempat orang-orang mengikuti Anda karena siapa Anda dan apa yang Anda wakili. Jika Anda serius ingin menjadi pemimpin hebat buku ini dan The 21 Irrefutable Laws of Leadership Maxwell harus ada di rak buku Anda.
  7. Pahami bahwa kerja tim dan kepemimpinan berjalan bersama seperti Yin dan Yang – Anda tidak bisa menjadi hebat di satu tanpa yang lain. Mereka yang berpikir kerja tim adalah jawaban untuk semuanya sama salahnya dengan mereka yang berpikir kepemimpinan bekerja tanpa tim. Mungkin tidak ada “Aku” di tim tetapi ada yang menang! Seimbangkan pendidikan dan pelatihan Anda, Anda membutuhkan keduanya.
  8. Komunikasikan visi! Ketidakmampuan untuk mengkomunikasikan visi merupakan faktor penting dalam kegagalan kepemimpinan. Meskipun penting bahwa Anda, sebagai pemimpin, memiliki visi, sangat penting bagi Anda untuk dapat mengkomunikasikan visi tersebut dengan energi dan kejelasan kepada tenaga kerja. Jika Anda tidak pandai mengkomunikasikan pesan, mintalah seseorang mengajari Anda! Salah satu guru terbaik saya di bidang ini adalah Joel Roberts. Joel adalah ahli dalam berkomunikasi dan kursusnya Excellence in Media: the Language of Impact adalah salah satu kursus terbaik kolaborasi medan berkah yang pernah saya ambil untuk mengkomunikasikan sebuah visi.
  9. Tidak peduli seberapa buruknya penampilan, Anda dapat membuatnya lebih baik. Tip ini datang dari buku Colin Powell It Worked for Me: In Life and Leadership dan benar-benar benar. Tidak peduli bagaimana perasaan Anda atau apa yang Anda pikirkan, Anda harus secara konsisten mempertahankan sikap positif dan sikap tenang karena tim Anda selalu menonton dan mereka akan mengambil isyarat dari Anda.
  10. Merayakan! Ketika semuanya berjalan dengan benar, bahkan hal-hal kecil, rayakan! Bersiaplah untuk mengenali keunggulan di tempat dan raih momentum kesuksesan – energi mengalir ke tempat perhatian. Saya memiliki koin presentasi yang saya bawa yang bertuliskan “Dipersembahkan oleh Direktur untuk Keunggulan” yang saya bagikan ketika seseorang mengetuk kaus kaki saya dengan penampilan yang hebat atau ide yang luar biasa. Saya juga menegaskan untuk mengadakan perayaan yang lebih kecil setidaknya sekali seminggu – walaupun itu hanya cookie dan beberapa menit untuk mengobrol dengan staf pendukung saya yang hebat dan laporan langsung. Merangkul kesuksesan dan apa yang benar dengan dunia, itu membuat semua perbedaan.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *