Call: 0123456789 | Email: info@example.com

Mengapa ICD-10 Akan Memajukan


Selain meningkatkan standar bagi para profesional kesehatan sehubungan dengan pengajuan klaim asuransi kesehatan, transisi ICD-10 yang akan datang juga akan meningkatkan tingkat melek kesehatan bagi pasien. Itu karena pasien akan lebih sering diminta untuk memberikan informasi yang lebih akurat dan dalam beberapa kasus lebih rinci terkait dengan alasan mereka mencari perawatan medis. Alasannya adalah dokter dan penyedia layanan kesehatan lainnya harus menagih menggunakan kode diagnosis lebih banyak dan lebih spesifik setelah perubahan.

Layanan yang paling penting melek kesehatan adalah layanan awal dengan penyedia layanan kesehatan baru dan layanan untuk masalah medis baru. Penyedia baru sering tidak memiliki catatan lengkap dan semua diagnosis terkait dengan kunjungan yang diberikan. Bahkan jika mereka melakukannya, beberapa infeksi saluran pernafasan diagnosa di bawah sistem pengkodean ICD-9 saat ini akan berbeda di bawah sistem ICD-10. Diagnosis baru yang paling terpengaruh adalah diagnosis yang dibuat berdasarkan informasi yang diberikan pasien dan bukan berdasarkan pemeriksaan fisik dan tes.

Perusahaan asuransi kesehatan mencocokkan kode layanan dengan kode diagnosis dalam memutuskan apakah akan membayar atau tidak klaim yang diajukan penyedia layanan kepada mereka. Kode layanan (kode CPT) menunjukkan layanan yang disediakan. Kode ICD (Klasifikasi Internasional Penyakit) menjelaskan alasan layanan. Jika ada ketidaksesuaian kode, penanggung tidak akan membayar sebagian atau seluruh klaim. Sakit Perut Sebelah Kiri Lebih sederhana, jika alasan untuk layanan tidak membenarkan perusahaan asuransi layanan yang sebenarnya menganggap layanan atau sebagian darinya tidak diperlukan.

Penyangkalan klaim berdasarkan ketidaksesuaian kode layanan / ICD-10 bisa merupakan hasil dari penggunaan kode yang tidak lengkap atau kode yang tidak cukup spesifik. Kode tidak lengkap adalah kode yang memerlukan satu atau lebih digit tambahan atau kode tambahan. Kode yang tidak cukup spesifik adalah kode yang tercantum dalam manual pengkodean ICD-10-CM sebagai kode yang tidak ditentukan.

Penyedia layanan kesehatan dapat menghindari penolakan pembayaran dengan selalu menggunakan kode spesifik yang cocok dengan layanan yang diberikan. Tetapi jika rekam medis mereka tidak mengandung dokumentasi untuk membenarkan penggunaan kode-kode itu, praktik itu berisiko diaudit dan kemungkinan dituduh melakukan penipuan. Penggunaan kode-kode yang tidak spesifik karena dokumentasi medis yang tidak mencukupi untuk membenarkan penggunaan kode-kode yang lebih spesifik tidak curang. Tetapi penggunaan kode-kode itu secara berlebihan dapat menghasilkan audit perusahaan asuransi. Tergantung pada hasil audit, perusahaan asuransi dapat memilih untuk mengecualikan penyedia dari program mereka atau meminta pengembalian moneter.

Klaim penolakan tidak menghasilkan konsekuensi yang merugikan bagi penyedia layanan yang adil. Jika penolakan tersebut disebabkan oleh ketidakcocokan pengkodean yang dihasilkan dari dokumentasi yang tidak memadai dalam catatan medis dan jika kekurangan itu disebabkan oleh ketidakmampuan atau ketidakmauan pasien untuk memberikan informasi yang diperlukan, pasien bertanggung jawab untuk biaya layanan. Ini terutama benar jika penyedia layanan kesehatan dengan jelas mencatat upaya yang gagal untuk mendapatkan informasi itu.

Kebutuhan akan dokumentasi medis yang lebih kuat adalah apa yang secara signifikan akan meningkatkan risiko melek kesehatan setelah transisi ICD-10. Alasannya adalah pasien dan pengasuh harus dapat memperoleh, memahami dan memanfaatkan informasi kesehatan dasar untuk memberikan fakta yang relevan terkait permintaan perawatan medis. Oleh karena itu, penyedia layanan kesehatan dapat mendokumentasikan dan membenarkan penggunaan kode secara lebih akurat.



Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *