Call: 0123456789 | Email: info@example.com

Manfaat dan Teknik Membaca Cepat


Manfaat dan Teknik Membaca Cepat

hikmah.info – Diperkirakan orang normal membaca sekitar 250 kata per menit. Jika teknik membaca cepat digunakan, kecepatannya dapat ditingkatkan dan Anda dapat membaca antara 400 dan 700 kata per menit. Perbedaannya luar biasa, tetapi yang penting dalam membaca cepat selain menghemat waktu juga tetap harus memahami apa yang telah dibaca.

Manfaat Membaca Cepat

Banyak sekali keuntungan dari membaca cepat, seperti memerlukan lebih sedikit waktu tetapi fokus yang dicapai lebih besar pada saat membaca. Selain itu sudah barang tentu kita menjadi belajar lebih banyak, belajar mengenali istilah dan ide-ide kunci dan menginternalisasikannya. Kemampuan untuk mengasosiasikan pengetahuan yang sudah kita miliki dengan konsep-konsep baru juga ditingkatkan melalui membaca cepat.

Membaca cepat dapat membantu anda membaca novel atau surat kabar dalam waktu yang lebih singkat, tetapi di atas semua itu membantu anda ketika mempelajari dan menganalisis segala jenis dokumentasi.

Teknik Membaca Cepat

Untuk belajar membaca lebih cepat, ada rekomendasi cara yang berbeda. Di antara saran yang paling umum adalah fokus pada apa yang sedang dilakukan. Jangan membaca lebih cepat dari kemampuan Anda untuk kemungkinan anda memahami, gunakan kecepatan yang berbeda tergantung pada jenis teks atau paragraf yang Anda hadapi dan ubah teknik sesuai dengan kebutuhan spesifik.

Meningkatkan kecepatan membaca adalah masalah latihan dan teknik. Anda harus ingat bahwa itu adalah kombinasi dari elemen fisik (pergerakan mata) dan elemen mental (kemampuan untuk memahami). Berikut adalah beberapa teknik yang dapat berguna untuk membaca cepat:

Ikuti garisnya

Jika kita menggunakan jari atau pensil untuk menandai garis yang kita lalui, kita memiliki pendekatan yang lebih jelas. Mata tertuju pada penunjuk dan penghentian garis dihindari, yaitu, pembacaan dilakukan secara seragam tanpa begitu banyak kesalahan arah atau regresi ke baris sebelumnya. Selain itu, dengan meningkatnya kecepatan dengan jari atau pensil, konsentrasi lebih besar dan kata kunci dengan cepat ditangkap.

Gerakan zigzag

Teknik ini disarankan ketika meninjau atau menganalisis garis umum dokumen. Dengan menggerakkan jari zig-zag Anda ke teks Anda mencari istilah-istilah yang memungkinkan Anda untuk menggambar gambar umum teks atau, dalam kasus ulasan, ingat konsep yang paling penting.

Cari konsep kunci

Ini juga disebut pembacaan diagonal, di mana kita terbang di atas teks mencari konsep-konsep kunci. Ini mirip dengan membaca dalam zigzag, tetapi dengan teknik ini kita melompat dari paragraf ke paragraf dengan memusatkan perhatian pada informasi yang menurut anda paling menarik. Dengan cara ini kita mendapatkan gambaran umum dari keseluruhan dokumen. Dengan formula ini, kecepatan membaca yang hebat dan memperoleh data yang relevan tercapai.

Bacaan yang berantakan

Ini seperti memindai dokumen dengan cepat dengan mata Anda. Tinjau bahkan dengan cara yang tidak rapi semua elemen yang membantu kita menentukan apa yang dibahas dalam teks. Misalnya, dalam hal buku, sampul belakang, indeks, subtitle, judul bab atau semua elemen yang menarik perhatian kita seperti foto, diagram, dll.

Dibaca

Dengan cara ini, tanpa membaca teks sepenuhnya, kita akan mendapatkan ide yang cukup pasti tentang apa yang akan kita temukan jika kita membaca lebih dekat.

Itulah beberapa manfaat dan teknik membaca cepat. Dengan begitu waktu anda akan sangat terasa sangat bermanfaat karena dapat melakukan banyak hal tetapi tetap saja butuh latihan. Jika anda ingin belajar tentang Bahasa Indonesia lebih dalam lagi anda dapat mengunjungi situs gurupendidikan.co.id .

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *