Call: 0123456789 | Email: info@example.com

Perangkat Lunak Gratis


Perangkat lunak open source adalah perangkat lunak di mana kode sumber didistribusikan kepada pengguna perangkat lunak bersama dengan alat debugging untuk peningkatan lebih lanjut dari perangkat lunak. Perangkat lunak open source juga membuat semuanya publik pada periode pengembangan sehingga pengguna dapat mengetahui apa yang diharapkan selama rilis final. Semuanya transparan dan terbuka sejak awal dan kode sumber tersedia secara bebas dan karenanya, itu disebut ‘open source’.

Kita sering melihat bahwa sebagian besar produk komersial fokus pada fitur visual produk dari sudut pandang pemasaran sedangkan Perangkat Lunak Analisis produk open source fokus pada fitur praktis seperti ketahanan, daya tahan, kemudahan penggunaan, dan ruang lingkup untuk peningkatan. Perangkat lunak open source biasanya dikembangkan oleh pengembang yang berdedikasi dan berpengalaman untuk siapa uang bukan satu-satunya bentuk motivasi. Sumber motivasi utama mereka adalah umpan balik positif dan kata-kata penghargaan yang diberikan oleh para pengguna perangkat lunak. Namun, banyak proyek open source telah berhasil secara besar-besaran dalam hal profitabilitas keuangan juga, meskipun itu tidak pernah menjadi sumber pendorong di balik proyek tersebut. Dalam kebanyakan kasus, keuntungan finansial terkait dengan layanan dan solusi bisnis lanjutan yang terkait dengan perangkat lunak daripada proyek itu sendiri.

Perangkat lunak open source memberikan penggunanya kebebasan untuk pergi melalui kode sumber, opsi untuk debug dan memperbaiki bug dan kadang-kadang, kesempatan untuk menulis sepotong kode untuk meningkatkan fitur perangkat lunak dan mendistribusikannya. Dengan proses yang transparan, seiring berjalannya waktu produk menjadi lebih kuat dan lebih baik dalam hal fitur dan kualitas daripada menjadi usang seperti halnya dengan sebagian besar produk komersial. Banyak fitur yang dikembangkan berdasarkan umpan balik dari pelanggan, bukan dari sudut pandang pemasaran dan itu membuatnya jauh lebih bermanfaat bagi pengguna akhir. Mari kita lihat beberapa manfaat dari perangkat lunak open source:

Keandalan: Dalam hal produk komersial, jika pengguna menemukan kesalahan atau menemukan produk macet dalam kondisi tertentu, ia tidak memiliki banyak hal selain mengandalkan tim dukungan resmi dengan keterbatasan atau mencari beberapa produk lain. Dalam hal produk open source, jika pengguna menemukan bug, ia sendiri dapat memperbaikinya dan mendistribusikan kembali kode jika diperlukan saat memberi tahu jasa pembuatan software yogyakarta distributor utama. Atau dia bisa memposting tentang bug atau menginformasikan komunitas sehingga pengembang dapat memperbaikinya dan merilisnya kepada publik dengan perbaikan bug. Ini menjamin keandalan yang baik.

Stabilitas: Kami sering memperhatikan bahwa pengguna produk komersial perlu sering memutakhirkan ke versi terbaru dari perangkat lunak untuk menjaga bisnis tetap berjalan tanpa gangguan. Seseorang tidak dapat mengandalkan versi yang lebih lama karena dukungan untuk hal yang sama mungkin tidak tersedia di masa mendatang setelah durasi waktu yang pasti. Dalam banyak kasus, produk komersial memaksa peningkatan pada pengguna akhir dengan memberikan dukungan pada versi yang lebih lama hanya untuk waktu yang terbatas. Dan banyak dari mereka juga menyimpan biaya upgrade untuk meningkatkan ke versi baru. Hal ini menghasilkan pelanggan menghabiskan lebih banyak uang dengan berlalunya waktu untuk menghindari terjebak dalam versi yang lebih lama tanpa dukungan yang tepat. Ini tidak terjadi dengan perangkat lunak sumber terbuka. Hampir semua produk open source mematuhi standar di mana orang mungkin perlu meningkatkan hanya untuk memanfaatkan fitur yang ditingkatkan. Jika sebuah bisnis memilih untuk tetap menggunakan versi yang lebih lama, itu masih mungkin dengan sedikit penyesuaian. Lebih penting lagi, semua peningkatan juga mudah dan bebas biaya sehingga pengguna perangkat lunak tidak perlu membayar kapan pun selama penggunaan perangkat lunak. Dalam hal perangkat lunak open source, pengguna memiliki kontrol untuk memutuskan tentang bagaimana ia ingin menggunakan perangkat lunak dan tidak ada yang dipaksakan pada konsumen.

Dukungan: Banyak orang berpendapat bahwa produk-produk open source tidak memiliki dukungan kualitas yang telah terbukti salah dalam banyak kasus. Mereka mungkin tidak memiliki dukungan khusus seperti produk komersial tetapi bergantung pada komunitas yang kuat dan sangat aktif yang saling mendukung. Ada banyak proyek di mana para pengembang secara langsung memberikan dukungan. Tetapi dalam hal perangkat lunak open source paling populer, Anda tidak perlu bahkan mendekati pengembang. Karena sifat transparan dari produk, anggota yang lebih tua dari komunitas serta pengguna baru berkenalan dengan kode sumber dan seluk beluk perangkat lunak segera. Sebagian besar bug dalam produk open source diperbaiki oleh komunitas bahkan sebelum secara resmi diperbaiki dari pengembang. Ada beberapa forum, situs web, saluran IRC dll. didedikasikan untuk produk-produk seperti itu dan sering dikunjungi oleh orang-orang berpengetahuan luas yang memberikan bantuan gratis kepada orang lain selama waktu luang mereka. Komunitas open source di seluruh dunia telah berkembang pesat sehingga, dukungan untuk semua produk open source hanya akan menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu. Dan itu berarti dukungan jangka panjang tanpa ada ikatan finansial. Sebaliknya, uang masih dipandang sebagai faktor pendorong sambil memberikan dukungan dalam produk komersial. Kadang-kadang, telah diperhatikan bahwa produk komersial mencoba untuk menjual produk komersial lainnya ketika seseorang mendekati vendor untuk mendapatkan dukungan. Dan itu berarti dukungan jangka panjang tanpa ada ikatan finansial. Sebaliknya, uang masih dipandang sebagai faktor pendorong sambil memberikan dukungan dalam produk komersial. Kadang-kadang, telah diperhatikan bahwa produk komersial mencoba untuk menjual produk komersial lainnya ketika seseorang mendekati vendor untuk mendapatkan dukungan. Dan itu berarti dukungan jangka panjang tanpa ada ikatan finansial. Sebaliknya, uang masih dipandang sebagai faktor pendorong sambil memberikan dukungan dalam produk komersial. Kadang-kadang, telah diperhatikan bahwa produk komersial mencoba untuk menjual produk komersial lainnya ketika seseorang mendekati vendor untuk mendapatkan dukungan.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *